Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) merupakan salah satu program Pemerintah Pusat dalam mengentaskan kemiskinan. Selain itu, program tersebut dihatapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat terutama bagi masyarakat tidak mampu dan/atau terdampak Covid-19. Adapun besar nominal tunai yang diberikan adalah sebesar Rp.300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) perbulan hingga akhir Tahun Anggaran. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa yang kemudian diaplikasikan dalam Peraturan Kepala Desa Kertanegara Nomor 1 Tahun 2022 tentang Penerima Dana Bantuan Langsung Tunai Tahun Anggaran 2022 sebagaimana telah diubah terakhir kali dengan Peraturan Kepala Desa Kertanegara Nomor 3 Tahun 2022. Adapun jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) adalah 99 KPM sebagaimana tertuang dalam Keputusan Kepala Desa Kertanegara Nomor 465.3/5/Tahun 2022 tentang Penerima BLT-DD Tahun 2022 yang telah diubah dengan Keputusan Kepala Desa Kertanegara Nomor 465.3/14/Tahun 2022 tentang Perubahan Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD Tahun 2022.

Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagaimana di sebutkan sebelumnya, disesuaikan dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.07/2021 yang mengharuskan Pemerintah Desa untuk mengalokasikan 40% dari Dana Desa sebagai Dana Bantuan Langsung Tunai. Berdasarkan Dana Desa yang diterima, Pemerintah Desa Kertanegara hanya mampu mengalokasikan untuk 99 KPM. Adapun Penetapan KPM dilakukan dalam Musyawarah Desa dengan menyesuaikan kriteria penerima manfaat dalam Peraturan Menteri Keuangan.

Proses penyaluran BLT-DD bulan Juli dilaksanakan di Balai Desa Kertanegara pada tanggal 22 Juli 2022 dibarengi dengan Pelayanan Vaksinasi Booster Covid-19. Dengan adanya program BLT-DD yang dibarengi dengan Vaksinasi, Pemerintah Desa Kertanegara berharap dapat mencegah penyebaran Covid-19 dan sekaligus membantu menanggulangi angka kemiskinan. Semoga bantuan yang diberikan dapat memberi manfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.