Sungai tambra yang terletak di Desa Kertanegara Kec. Kertanegara Kab. Purbalingga memiliki arus yang deras. Aliran sungai yang berkelok dan berarus deras perlahan tapi pasti terus mengikis tanah bantaran sungai hingga mendekati pemukiman warga.

Keterangan Foto : Warga saling bergotong-royong memasang bronjong


Pengikisan tanah yang terus menerus terjadi dapat mengancam keselamatan warga di sekitar sungai. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Kertanegara berupaya mencegah pengikisan lebih lanjut dengan melakukan pemasangan bronjong sebagai penahan hantaman sungai tambra. Pemerintah Desa Kertanegara melaksanakan Kerja Bhakti bersama warga masyarakat Desa Kertanegara dalam upaya pemasangan bronjong tersebut. Adapun lokasi kegiatan pemasangan bronjong berada di bantaran sungai tambra RT 01 dan RT 02, Dusun Sidamulya (RW 02).
Gotong Royong pertama dilakukan pada hari Kamis 26 Mei 2022 dan dilanjutkan pada hari Minggu 29 Mei 2022. Seluruh elemen masyarakat turut serta dalam kegiatan tersebut. Mulai dari RT, RW, Pramuka, Karang Taruna, NU, Muhammadiyah, hingga masyarakat umum terlihat antusias dan bersemangat untuk bahu membahu dalam pemasangan bronjong agar resiko longsor dapat diminimalisir.

Keterangan Foto : Warga saling bergotong-royong memasang bronjong


Program pemasangan bronjong tersebut tentu tidak dapat berjalan dengan baik tanpa ada uluran tangan dari warga maupun pihak-pihak lain yang telah membantu seperti DPU PR yang telah membantu memberikan 40 buah bronjong, BPBD yang memberikan 20 buah bronjong, dan lain sebagainya. Program ini sejatinya telah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Akan tetapi, dari APBDes hanya mampu membelanjakan 20 buah bronjong akibat keterbatasan yang dimiliki oleh Desa Kertanegara. Tidak adanya Pendapatan Asli Desa (PADes) membuat Pemerintah Desa Kertanegara mengalami kesulitan. Padahal program pemasangan bronjong ini begitu vital. Untuk itu, Bambang Teguh Wahyono selaku Kepala Desa Kertanegara mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat dan pihak-pihak lain yang telah ikut serta membantu berjalannya program ini.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.